Senin, 13 Januari 2014

Mitos Menyeramkan saat Mengamalkan doa Nurbuat

Posted by Unknown 20.36, under ,,, | 35 comments

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Beberapa tahun yang lalu saya punya pengalaman yang tidak menyenangkan yaitu motor baru saya hilang. Karena panik, saya terjebak dalam perdukunan. Teman, tetangga pada ngajak ke dukun. Katanya nanti motor bisa ketemu atau pulang sendiri. Setelah puluhan dukun saya datangi, hasilnya tetap nihil. Saya baru sadar dan pasrah bahwa pada hakikatnya barang itu belum menjadi milik saya. Dan mulai saat itu, saya jadi rajin shalat lima waktu yang selama ini masih sering tidak dikerjakan. Shalat malam pun rajin saya tekuni. Bila shalat hajat saya membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 40 kali, dan bila shalat tahajud saya bertawasul dan berkirim surat Al-Fatihah kepada Nabi Muhammad, sahabat Nabi, malaikat, para wali, para raja Islam dan sanak saudara yang sudah meninggal. Baca Al-Fatihah bisa kurang lebih 55 kali. Setelah itu kita baca doa Nurbuat, Ayat Kursi dan Ayat Lima Belas.

Hal itu bertahun-tahun saya jalani sampai sekarang. Tapi belakangan ini sering ada bisikan yang sifatnya petunjuk dan peringatan. Biasanya bisikan itu datangnya pada hati Jumat dari mulai waktu Subuh sampai dengan shalat Maghrib. Contoh bisikan yang pernah saya alami antara lain, pernah suatu waktu kakak saya yang sudah meninggal minta air yang telah didoakan, katanya buat mandi. Pernah juga seperti ada yang menyuruh membuat tempat shalat di rumah orang tua, tapi tidak boleh yang di kamar tengah. Membuatnya di pinggir. Lalu pernah sewaktu saya sakit, ada sebuah bisikan, "kamu berobat berapa kalipun ke dokter tak akan pernah sembuh." Akhirnya saya pun berobat ke alternatif dan menemui kesembuhan.

Pertanyaan saya, bisikan tersebut datangnya dari mana dan mengapa datangnya hari Jumat? Apakah tidak musyrik bila saya menjalankan bisikan-bisikan itu yang kebetulan bisikannya baik? Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

C. Basundari

Jawaban:

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pengalaman Anda sangat unik. Menghindari dukun untuk hal-hal seperti itu memang baik. Sebab, yang bisa menentukannya hanya Allah. Kalaupun masuk dalam ikhtiar, tapi, harus yang masuk akal. Misalnya ke polisi. Ke dukun adalah sebuah ikhitiar yang tidak masuk akal yang justru seharusnya dihindari karena termasuk dalam murka Allah.

Pedukunan memang tak selamanya buruk. Dalam Islam disebutkan ada Kahin (dukun peramal) dan Tabib (dukun penyembuhan). Yang dilarang oleh Rasulullah adalah mendatangi Kahin. Sementara Tabib malah danjurkan untuk pengobatan melalui berbagai metode dan cara: jamu, air putih, bekam, pola makanan, dan lain sebagainya. Tabib, dalam pengertian modern kemudian dikenal dengan nama dokter.

Amalan Anda sebenarnya sudah bagus. Membaca Al-Fatihah memang dianjurkan. Shalat Hajat dan Tahajjud juga sangat dianjurkan oleh Allah. Begitu juga dengan membaca Ayat Kursyi, Ayat Lima Belas, serta doa Nurbuwat. Kami sendiri terus terang tidak tahu menahu tentang sejarah doa Nurbuwat. Memang, konon ada Haditsnya. Tapi, yang jelas makna pada doa itu sangat bagus. Dinyatakan dalam doa itu antara lain,

Ya Allah panjangkan umurku, berilah kesehatan tubuhku, Kabulkanlah hajatku,
perbanyaklah harta dan anak-anakku,
Jadikan manusia mencintaiku,
Serta jauhkan pertentangan dan permusuhan
sesama manusia.

Doa itu memang sangat indah dan menurut sebagian riwayat disampaikan kepada Rasulullah oleh Malaikat Jibril. Mengutip pendapat Imam Ahmad bin Hanbal, jika Hadist yang diambil termasuk lemah bahkan mawdu, namun demi keutamaan ibadah, merangsang orang untuk beribadah, dan tidak bertentangan dengan agama, maka hal itu tidak masalah untuk diamalkan. Kami melihatnya pada doa Nurbuwat itu bagus maknanya dan banyak mengutip ayat Al-Qur'an.

Lantas, mengapa muncul bisikan-bisikan seperti itu? Malaikatkah? Malaikat tak mungkin memberitahu hal-hal seperti itu, karena hal itu bukan tugasnya. Jinkah? Bisa jadi hal tersebut dilakukan oleh jin. Karena itu, janganlah Anda terlalu tenggelam untuk melaksanakannya, terutama pada permintaannya yang aneh-aneh. Mengapa hari Jumat, mungkin nama hari itu dimanfaatkan kesakralannya agar permintaannya dilaksanakan. Karena itu, untuk sementara Anda harus mengubah amalan-amalan Anda. Shalat hajat dan tahajud tetap dipertahankan. Tambahlah dengan shalat

Dhuha dan sunat Rawatib lainnya. Doa Nurbuwat cobalah dikurangi bacaannya, atau kalau perlu tak diamalkan lagi. Sebaiknya sebelum mengamalkan sesuatu, Anda mendatangi seorang guru yang tahu tentang wirid yang harus dilakukan. Kini Anda harus beralih memperbanyak membaca Al-Qur'an, shalawat, dan berpuasa. Seringlah shalat di Masjid, melakukan iktikaf, mendatangi pengajian, silaturrahmi dengan ulama, maka insya Allah yang Anda alami akan hilang.

Sementara pengertian musyrik adalah menyekutukan Tuhan. Pertanyaannya, apakah bisikan itu akan membawa Anda menyekutukan Allah atau tidak? Perintah membangun Mushalah misalnya, itu adalah semacam anjuran biasa—dari manapun asalnya—yang tidak menimbulkan kemusyrikan. Kecuali jika Anda pecaya dengan memandikan air kembang, misalnya, bisa menyembuhkan, itu baru musyrik. Jadi, ukuran kemusyrikan itu pada penyekutuan Allah, mempercayai adanya kekuatan-kekuatan lain selain Allah.

Kini banyak kesalahfahaman yang mengaburkan antara kemusyrikan dengan irasional. Padahal, sesuatu yang irasional tidak selamanya membawa kemusyrikan. Sebaliknya, yang rasional kadangkala sering juga membawa pada kemusyrikan. Misalnya, jika kita terjebak pada keyakinan bahwa hanya dengan bekerja di suatu tempat maka kita akan bisa menghidupi perekonomian diri sendiri, atau dengan berobat ke dokter tertentu akan mendapat kesembuhan. Justru hal ini yang disebut para ahli tauhid sebagai syirkul khafi atau kemusyrikan yang tersamar dan yang tak disadari.

35 komentar:

memang sangat betul saya juga mempunyai doa nurbuat ..,di hati rasanya sangat nyaman untuk kesembuhan mententramkan hati do nurbuat sangat banyak khasiatnya

Saya masih bingung terkait ini . Saya baca di artikel sebelah katanya untuk doa nurbuwat tapi malah di hinggapi jin seperti itu kalau salah mengamalkannya . Saya belum mendapatkan guru untuk mengijazah amalan nurbuwat ini .

Apakah doa nurbuat harus berpuasa harus ada guru walau to sudah hafal

Assalamualaikum wr.wb. saya cm ingin menyampaikan pengalaman saya.saya dulu sering mengamalkan doa nurbuwat tanpa bimbingan guru yang saya alami kepala saya sering pusing,trus saya cerita ke kkak saya akhirnya saya disuruh untuk berhenti.selang berapa bulan say diberi ijazah oleh guru saya untuk mengamalkan doa nurbuwah,apalagi saya jg keinginan pengen mengamalkannya setelah membaca buku akan khasiatnya.lalu yang saya rasakan setelah mengamalkannya hati saya lebih tentram,sabar,dari rejeki jg alhamdulillah

Alangkah baiknya ada guru yg mendampingi anda

Pendapat saya utk doa nurbuwah. Bisa saja kita amalkan. Dgn. Tujuan. Semata. Mata. Hanya karna allah. Karna arti dan makna dalan doa nurbuwah sangatberarti dlm kehidupan kita. Dan saya yakin allah akan mengabulkannya.belum lama ini saya juga selalu membaca doa nurbuwah setelah selesai sholat dan setelah membaca alqur an dan saya merasakan ada perubahan dlm diri saya.

Pendapat saya utk doa nurbuwah. Bisa saja kita amalkan. Dgn. Tujuan. Semata. Mata. Hanya karna allah. Karna arti dan makna dalan doa nurbuwah sangatberarti dlm kehidupan kita. Dan saya yakin allah akan mengabulkannya.belum lama ini saya juga selalu membaca doa nurbuwah setelah selesai sholat dan setelah membaca alqur an dan saya merasakan ada perubahan dlm diri saya.

Allhmdulillah, slama ini saya juga mengamalkan doa nurbuah. Yg saya rasakan dan yg saya nikmati tentang kesehatan di dlm menjalani ibadah puasa sunah senin dan kamis.saya tdk pernah merasa lapar dan merasa haus walaupun saya tdk makan sahur,hanya meneguk air putih saja yg saya lakukan subhannallah kesehatan dan kekuatan yg saya dapati pda siang harinya sangat luar biasa saya diberikan allah nikmat kesehatan berkat amalan doa nurbuah yg saya amalkan....

Saya jg mengamalkan doa nurbuat,,dan sudah mendapat ijazah,tp blm saya rasakan manfaatnya,,tp alhamdulillah sampai sekrang terus sy amalkan

Saya juga mengamalkan do'a nur buwat,niat saya karena Alloh,enjoy 2 saja.tdk ada pengaruh apa2.semua tergantung niatnya.

Saya juga mengamalkan do'a nur buwat,niat saya karena Alloh,enjoy 2 saja.tdk ada pengaruh apa2.semua tergantung niatnya.

Terimakasih Sanak sedulur dengan pembelajaran ini,,tks



Sy Evy...Jakarta dulu 15 THN lalu sy mengamalkan doa Nurbuat setiap sholat sy baca alhamdulilah rejeki sy dahsyat sekali urusan dunia semua sy rasakan Allah baik sekali ingin anak dapat juga semua yg aku mau terwujud ..tapi sayang dg rejeki itu sy jd lupa sholat.. dan sampai kewajiban sy..sekarang anak yg aku dambakan si bontot meninggal harta yg berlimpah sedikit dikit berkurang sampai of titik terendah sy jd susah seperti dulu sekarang sy direbdahkan dan dihina sy sedih dan menyesal.. tapi setelah itu aku sadar ....semua titipan Allah dan sekarang sy ingat dg alkah sy kembali bangkit rajin sholat dan bertobat dan St ingat St dulu slalu mengamalkan doa nurbuat bikin anakku meninggal tapi sy sadar semua kesalahan dr dari diri sy...makanya at kembali rajin sholat rajin Dhuha Krn Allah dan mengamalkan doa Nurbuat insaallah Allah akan bantu aku kembali seperti dulu rejekinya dan syvakan lebih Istiqomah di jln Allah Rizki yg kudapat buat berbagi bersedekah dan beribadah semoga amin






Smua yg kt pelajari hrs ada pembimbingnya jgn smpai apa yg kt amalkan akhirnya makan diri kt sndri, selayaknya berdoa dibaca sewajarnya saja

Gurunya masih ada gak pngen di ijazah juga

Setiap doa pasti ad hodam nya,slma hodam it baik bgus buat kita GK Maslah..terkecuali hodam ayat tersebut memerintahkan TDK benar baru it yg di bilang bisa membuat kita gila..jd prediksi saya mah jln kan klw emng it baik..

Sya sering ngamalin doa Nurbuat tiap udah sholat fardu, Alhamdulillah karena Allah,tp dlu sya pernah ngalamin tiap slesei sholat tahajud sya sering ngamalin doa Nurbuat 100x, dn sya pernah pas lg ngmalin sya ktiduran trus sya d datangi seorang yg tinggi besar bersorban brjanggut dan berbaju putih bercahaya, tersenyum SMA saya smpai sya kaget trbngun,trnyata sya msih d atas sjdah sambil pegang tasbih,

Jangan sembarangan ngamalain doa ap lg cuma ngambil di medsos krn satu dengan yang lain tidak sama coba cek aj...dan satu hurup aj salah dah salah arti

Beberapa bln yg lalu sy berusaha mengamalkan doa Nurbuat...saat mulai hapal doanya...tiba tiba saat mau tidur ...ada yg keluar dari badanku yg kulihat yg keluar sama dng diriku sendiri...
Saat aq dikit beberapa kali ditemui orang orang bersorban...bahkan bisa lihat alam lain...juga beberapa bisikan bisika ghoib....pas pd istriku lagi kena covid...akupun tidak melanjutkan doa Nurbuat...dan tidak mengalami hal yg ghoib lagi....apakah klo aku teruskan tidak membahayakan diriku...atau aku berhenti saja







Saya dulu dawam mengamalkan do'a nurbuwat...Stlh bertahun2 mengamalkan, akhirnya saya bermimpi ditemui 4 nabi dn rosul berjubah putih dan berkerudung putih sprti orang2 arab,CMN yg diberitahukan namanya CMN 1 yaitu nabi Dawud as,...knp yg diperkenalkan CMN nabi Daud as,ternyata Stlh saya pelajari doa nurbuwat itu adlh doanya nabi Dawud as yg diberikan lgi KPD nabi Muhammad Saw melalui malaikat Jibril as...tp sekarang sy tambah lgi DG doa akasyah dan doa Kanzul 'Arsy,krn ke-3 doa itu Sling berkaitan 1 DG yg lainnya 🙏

Sy pernah baca doa Nurbuat bdn sy terasa panas bngt

Kmu ke sini nanti tak ijazahin



Assalamualaikum mas gausah takut itu datang dari leluhur jenengan

Salaam santun sodara. Aku juga mengamalkan do.a nurbuat. Dan do.a akasyah dilanjut do.a kanzul arsy.. Allhamdulillah dengan izin allah dan yakin segala niat dn hazat terkobull..aminn

Saya hafal pas saya baca trs dulu kls 4 SD tp blm ngerti tajwid ..tp saya baca trs ..jd y gtau jg sih bner ap ngk bacanya hadeh ..soalny mau dicocokin skrg digoogle beda2 bacaanya GK sama

Sama seperti saya kisah ny. Saya bukan mimpi tp terasa mimpi. D hadapkn Sheikh KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al banjari

Assalamualaikumqarohmatullohiwabarokatuhsayasakitstrokesdh1thnlebihsudahberobatmmedisdan nonmedisdaniktiyar suatumalamsayahanya berdoa dikalatiduryaaAllohberulahsaya amalandoa dandxikiruntukkedembuhansakitku tiba" munculdalamgati doanurbuat karenasayabukanbotsnhjebolannposantrn dan islamybiasasaja dayagaktau ada apatidak doanurbuat karebatiapmalamsayatahajud dansayaamaljan karenasayainginsehatlagihidupnormal kembali

Selamasayasakit semuatugas dan apapunidtriygmelakikan sayajafikadihan

Sakitlebihdari1tahun sangatmelelahan bagisayapribadidankeluargakadangtimbul kenapa Allohbdriaku cobaan ujian sakithini

Sayasdh melaksanakanhidudehat olahragaturmakan tidur terjagateratur

Sesuai fakwahpara usdtadalimilamasakit berobat iktiyardelanjunyaserahkan Allohdfhsayalakukan tapisampai 1tahun

Doistiqfar sholawatnabi bacaasmaulhusnasayadzikir yasin alfatihah alfalaq.annas sayabaca ayatkursi

Hatiselalubertanyadalamsujud akhitbettanya kenapadoadanmunajatkutidak kaudengaryaaAlloh padahal engkau berjanji akan mengabulkan doa umatnya trs. HambaharuberdoakepadaTuhansiapa se

Waaaalamualaikumwarohmatullohiwabarokatuh

Posting Komentar

Blog Archive

Blog Archive